[Winter Trip 2016] Sapporo : Mabuk Cokelat di Ishiya Chocolate Factory

Perjalanan saya ke Jepang pada tanggal 25-29 Januari 2016 dipersembahkan oleh WakuWaku Japan TV Channel dan H.I.S. Tours and Travel Indonesia dalam event promo The Wonder Japan -Takumi- Comment Posting Campaign.

HARI KE-1 : SAPPORO (BAGIAN 2)

Sebelum membahas interior bangunan Ishiya Chocolate Factory, saya akan bercerita mengenai Shiroi Koibito Park yang masih berada di area pabrik cokelat Ishiya. Ishiya Chocolate Factory sendiri lebih dikenal dengan sebutan Shiroi Koibito Park, yang merupakan atraksi utama dari keseluruhan tempat.

Shiroi Koibito Park adalah theme park yang dibangun oleh Ishiya, perusahaan cokelat lokal. Produk paling terkenal dari Ishiya adalah biskuit Shiroi Koibito (白い恋人), berupa cookies dengan isian lapisan cokelat putih di dalamnya. Hampir setiap wisatawan tidak akan meninggalkan Hokkaido tanpa membawa pulang biskuit Shiroi Koibito. Ini serius loh! ^_^ Travel advice bagi umat Muslim : Banyak yang mengatakan bahwa shortening yang digunakan pada pembuatan Shiroi Koibito berasal dari bahan non halal, jadi sebaiknya hindari.

Fresh-stock-Japan-Hokkaido-shiroi-koibito-chocolate-sandwich-cookies-imported-24-400g-postage
Penampakan kue Shiroi Koibito | sumber : aliexpress.com

Shiroi Koibito Park terdiri atas area pertokoan, kafe, dan restoran. Terdapat juga pameran cokelat dan kue. Yang paling menarik, terdapat jendela besar dimana pengunjung bisa menyaksikan sendiri proses pembuatan cokelat dan kue di Ishiya. Terdapat juga workshop berbayar dimana kita bisa membuat kue kering sendiri. Bagian lain dari Shiroi Koibito Park adalah lapangan sepak bola yang menjadi tempat latihan bagi Consadole Sapporo, tim sepak bola lokal. Tahu Irfan Bachdim? Pemain sepak bola asal Indonesia tersebut berkarir di Consadole Sapporo sejak tahun 2014.

Nah, sekarang kita intip interior Ishiya Chocolate factory yuk! Saya menyesal karena ketika masuk ke dalam bangunan, saya malah asyik mengambil video dan bukannya memotret sehingga tidak banyak foto yang saya bisa bagikan. Ketika memasuki area reception desk, kita akan mendapatkan brosur dan 1 buah biskuit Shiroi Koibito gratis. Tetapi seperti yang sudah saya tulis di atas, Shiroi Koibito mengandung bahan non halal sehingga saya tidak memakannya dan hanya menyimpannya di dalam tas ^_^

dscf3005
Ishiya Chocolate Factory Fountain | sumber : oliviainjapan.wordpress.com

Selanjutnya, kami naik ke lantai atas di mana terdapat sebuah air mancur dalam kolam keramik bernama Aurora Fountain. Air mancur ini dibuat di Inggris pada tahun 1870. Dapat dilihat, di belakang air mancur ini terdapat sebuah lukisan karya Jean-Étienne Liotard dari Swiss yang berjudul “The Chocolate Girl”. Lukisan yang sangat terkenal ini kemudian dilukis pada media porselen, kaleng cokelat, dan cangkir khusus untuk meminum cokelat pada abad ke-18. Oh ya, tepat di air mancur ini juga terdapat jasa foto berbayar (saya lupa harganya), tetapi opsional kok… kita diperbolehkan untuk memotret pakai kamera sendiri.

Sapporo 131
“The Chocolate Girl” karya Jean-Étienne Liotard | sumber : ticeadventures.blogspot.com

Di lantai berikutnya, terdapat koridor yang berisi barang-barang vintage yang berhubungan dengan sejarah cokelat di Eropa. Kabarnya, sang pemilik sengaja mendatangkan koleksi tersebut dari Eropa langsung. Berikut foto-foto koridor pameran yang saya ambil, beberapa foto agak kabur sehingga tidak bisa saya tampilkan disini.

This slideshow requires JavaScript.


Saya sangat kagum dengan minat keluarga Ishiya pada sejarah cokelat, sampai-sampai bungkus cokelat dan potongan iklan cokelat saja dikoleksi! Setelah pameran, tempat selanjutnya yang akan kami kunjungi adalah pabrik. Terdapat papan-papan informasi yang menjelaskan mengenai bahan-bahan lokal yang digunakan Ishiya. Kita bisa melihat proses produksi dari kaca-kaca besar yang disediakan. Terlihat kesibukan para pekerja pabrik dalam mengolah bahan dan hasil produksi.

This slideshow requires JavaScript.


Setelah pabrik, terdapat area yang dikhususkan sebagai kafe dan workshop untuk membuat kue. Saat itu ramai sekali, banyak anak-anak yang datang bersama pemandu mereka untuk membuat kue bersama-sama. Menu-menu yang disajikan di kafe ini amat menggugah selera, deretan rak berisi contoh-contoh kue dan parfait pasti akan membuat kamu tergiur. Selain itu juga terdapat toko souvenir yang menjual barang-barang dengan logo Ishiya, seperti kartu pos, gantungan kunci, t-shirt, dan lain-lain. Saya membeli koper kecil dengan logo Shiroi Koibito yang bisa dilipat hingga berbentuk persegi panjang seharga ¥1,000 saja, sangat worth it karena bisa memuat cukup banyak barang. Sayangnya kita tidak bisa bawa koper seperti itu di atas jalanan bersalju ^_^”

This slideshow requires JavaScript.


Untuk mencapai lantai dasar, kami melewati ruangan pameran gramofon terlebih dahulu. Aneka macam gramofon dengan keterangan yang lengkap dipamerkan di dalam kotak-kotak kaca. Terdapat juga koleksi piringan hitam sejak tahun 1877!

This slideshow requires JavaScript.


Di lantai dasar terdapat toko souvenir yang menjual aneka produk kue dan cokelat Ishiya. Jika kita melewatkan beberapa barang untuk dibeli, tidak perlu menyesal karena kita masih bisa membeli produk-produk Ishiya di toko duty-free New Chitose Airport. Satu produk Ishiya yang saya sangat suka (dan menyesal karena tidak membeli 10 kaleng sekaligus haha) adalah Shiroi Koibito Chocolate Drink. Rasa cokelatnya sangat kental dan menempel lama, benar-benar terbuat dari cokelat berkualitas!

Komposisi Shiroi Koibito Chocolate Drink : Whole fat milk, sugar, cream, chocolate, cocoa powder, syrup, emulsifier (from soy bean), stabilizer, flavor

Seperti ini penampakannya :

isiya011-pac02
Shiroi Koibito Chocolate Drink | sumber : global.rakuten.com

Sebelum keluar dari areal lantai dasar jangan lupa belanja ya! Keranjang belanja yang disediakan berukuran mungil dan lucu, coba saja lihat sendiri :

24

Ingin merasakan sensasi berjalan di karpet merah? Coba saja turun dari tangga Ishiya Factory ke lantai dasar. Penampilannya seperti karpet merah yang biasa ada di rumah bangsawan Eropa dengan lantai corak (klik untuk memperbesar gambar).

Ada satu spot di lantai dasar yang dikerubungi pengunjung, kira-kira apa ya sampai sepopuler itu? Ternyata mereka mengerubungi akuarium Clione! Maksudnya apa ya? Karena penasaran saya coba mendekat dan ternyata yang dimaksud dengan Clione adalah ‘sea angel’, binatang laut yang berukuran sangat kecil sehingga hanya bisa dilihat menggunakan kaca pembesar. Berikut keterangan yang saya dapat dari papan informasi :

What is Clione? Clione is known as ‘sea angel’. Their wing-like flapping foot enable them to swim. They are shelfish but they have lost their shells over the course of evolution. This adaptation explains the scientific name Gymnosomata derived from Greek gymnos ‘naked’ and soma ‘body’.

Bentuk akuariumnya seperti ini :

26

Sebenarnya ada satu layanan yang sangat keren, tapi tidak sempat saya coba karena waktu yang terbatas. Di Ishiya Chocolate Factory kita bisa membuat kaleng biskuit customized dengan foto kita sendiri sebagai gambar kemasannya. Iklannya sangat menarik dengan iming-iming “The only one in the world”, satu-satunya kaleng biskuit di dunia dengan foto diri sendiri. Biaya pembuatan untuk 1 box kaleng biskuit berisi 36 buah biskuit adalah ¥2,859, sudah termasuk pajak.

27

Saya merekomendasikan kunjungan wisata ke Ishiya Chocolate Factory bagi siapapun yang berkunjung ke Hokkaido karena disini kita dapat menyaksikan hal-hal unik yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya mengenai sejarah cokelat dan proses produksi cokelat. Selain itu juga kita dapat mengambil pelajaran dari keseriusan orang-orang Jepang dalam menggeluti bidang yang mereka sukai. Sebelum berpisah dengan Ishiya Chocolate Factory, saya mengambil beberapa foto suasana di halaman depan yang penuh salju sebagai kenang-kenangan ^_^

This slideshow requires JavaScript.

Ishiya Chocolate Factory & Shiroi Koibito Park
Address:Miyanosawa 2-jo 2-chome, Nishi-ku, Sapporo 063-0052
Inquiries:Shiroi Koibito Park General Information TEL / 011-666-148

Lanjutan kisah perjalanan kami di Okurayama Ski Jump Stadium dapat dibaca di entry selanjutnya! ^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s