[Winter Trip 2016] Sapporo : Berseluncur di Okurayama Ski Jump Stadium

Perjalanan saya ke Jepang pada tanggal 25-29 Januari 2016 dipersembahkan oleh WakuWaku Japan TV Channel dan H.I.S. Tours and Travel Indonesia dalam event promo The Wonder Japan -Takumi- Comment Posting Campaign.

Ketika membicarakan musim dingin di Hokkaido, pasti hal pertama yang muncul di benak kalian adalah ski! Ya, curah hujan salju yang sangat tinggi di daerah ini menjadikan Hokkaido sebagai tempat sempurna untuk melakukan aktivitas olahraga musim dingin. Terdapat banyak tempat yang menawarkan fasilitas olahraga musim dingin yang lengkap serta keindahan alam Hokkaido di musim dingin. Di Sapporo terdapat sebuah tempat yang wajib dikunjungi bagi penggemar olahraga, terutama penggemar ski. Belum bisa main ski? Jangan khawatir, tempat ini juga menyediakan simulasi olahraga ski dalam ruangan. Penasaran seperti apa? Mari kunjungi Okurayama Ski Jump Stadium!

Okurayama Jump Stadium photograph
sumber : sapporo-dc.co.jp

Okurayama Jump Stadium dahulu bernama Okurayama Schanze ketika dibuka pada tahun 1932 oleh Baron Kishichiro Okura, pemilik awal Hotel Okura, yang membiayai pembangunan stadium ini. Okurayama Schanze kemudian diubah menjadi Okurayama Jump Stadium setelah renovasi besar-besaran untuk persiapan Olimpiade Musim Dingin 1972.

Dari titik awal stadium, yang terletak 307 meter di atas permukaan laut, kita dapat menikmati panorama kota Sapporo, Ishikari Plains, dan Miyanomori Ski Jump Stadium. Pada musim dingin, pengunjung dapat mengamati permainan ski dari perspektif atlet ski di “Viewing Lounge” -melihat permainan ski secara langsung di lembah yang curam memberikan sensasi seolah-olah kalian sendiri hendak melakukan jumping. Selain permainan ski, kita juga dapat menikmati pemandangan Odori Park, Sapporo Dome, Hokkaido University, Ishikari Bay, dan pegunungan dari kejauhan. Di musim panas pun, Okurayama digunakan sebagai latihan jumping para atlet ski.

Sebelum memasuki arena Okurayama Ski Jump Stadium, kita akan disambut oleh eskalator besar nan curam yang melaju menuju arena utama! Sayangnya, saya tidak sempat memotret dan malah merekam video sehingga foto di bawah ini saya ambil dari  sebuah website informasi travel khusus wilayah Hokkaido, Hokkaido Travel Net. Saking curamnya, saya sampai harus memposisikan badan saya sedemikian rupa supaya tidak terjatuh. Berbeda jauh dengan travel guide dan driver taksi kami yang nampaknya sudah biasa menaiki eskalator tersebut sehingga gaya mereka amat santai ^_^”

39
Eskalator super curam di Okurayama | sumber : uu-hokkaido.com

Disediakan ski lift pagi para pengunjung seharga ¥500 untuk dua kali jalan, dari dan ke Okurayama Observatory yang terletak di puncak bukit, harga yang tergolong murah mengingat pengalaman seperti ini tidak bisa didapatkan di sembarang tempat! Bentuk ski lift tidak seperti kereta gantung yang berupa kabin dan memiliki jendela, tetapi ski lift memiliki pengaman yang kuat untuk mencegah penumpang terjatuh. Akan tetapi, kita harus ekstra hati-hati saat naik dan turun dari ski lift karena ski lift bergerak terus dengan kecepatan konstan, tidak ada jeda bahkan ketika penumpang naik dan turun dari ski lift. Saya sempat terjatuh karena buru-buru turun dari ski lift dan saat itu saljunya sangat licin! Untung ada petugas yang membantu kami turun ^_^

1
Ski lift di Okurayama Ski Jump Stadium
Adults Children
Round trip ¥500 ¥300
One-way ¥250 ¥150
Group (≥ 15 people) ¥450 ¥270

* “Adults” refers to people of junior high school age or older, and “children” refers to people of or below elementary school age.

* One small child (less than elementary school age) per adult (guardian) will be admitted for no charge. (sapporo-dc.co.jp)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s