[HIS Summer Trip 2016] Persiapan Liburan Musim Panas di Jepang

Perjalanan saya ke Jepang pada tanggal 9-13 Agustus 2016 dipersembahkan oleh H.I.S. Tours and Travel Indonesia dan Kawaii Beauty Japan dalam event H.I.S. Summer Trip Blogging Competition 2016.

Yang muncul pertama kali di benak saya ketika mendengar musim panas di Jepang adalah “kembang api”. Yup, sebagai penikmat manga dan anime Jepang tentu stigma ini sudah sangat melekat. Hampir di setiap shojo manga kita bisa menemukan cerita dengan latar belakang musim panas, tentunya dengan bumbu kisah cinta yang manis antara protagonis dan biasanya kakak kelas (senpai) yang ditaksir hahaha.

d5b74b72ecb8300c3681f90553deb441.jpg
Pilih senpai favoritmu untuk diajak ke festival musim panas! ^_^ | sumber gambar : pinterest.com

Sekitar seminggu lagi saya akan berangkat ke Jepang dalam program HIS Summer Trip 2016 yang dipersembahkan oleh H.I.S. Tours and Travel Indonesia dan Kawaii Beauty Japan.  Ini akan menjadi pengalaman pertama saya pergi ke Jepang pada musim panas. Saya memperkirakan udaranya akan mirip dengan udara Guangzhou di Tiongkok saat bulan Mei 2016 kemarin, panasnya melebihi Jakarta dan cukup lembab.

Kota yang akan saya tuju adalah Tokyo dan Osaka. Sebelum berangkat ada baiknya kita mencari informasi mengenai kondisi cuaca di tempat tujuan pada saat musim panas. Seberapa perlukan? Sangat perlu! Mungkin sebagian dari kita berpikir, sebagai orang tropis yang terbiasa tinggal di tempat panas, kita akan mudah beradaptasi dengan musim panas di negara 4 musim. Tahukah kalian kalau kasus heat stroke (sengatan panas) sangat sering terjadi di Jepang? Bahkan dalam salah satu berita pada bulan Juli 2016 lalu disebutkan bahwa kasus heat stroke di Jepang telah menyebabkan 3 orang meninggal dan 490 orang dirawat di rumah sakit. Masyarakat Jepang saja yang seumur-umur tinggal di Jepang masih rentan terkena heat stroke, bagaimana dengan turis asing?

1022558477
Masyarakat Jepang menggunakan payung untuk mencegah heat stroke | sumber gambar : sputniknews.com

Untuk mencegah hal tersebut, kita harus mempersiapkan perjalanan di musim panas dengan sangat baik. Khususnya di Jepang, kebanyakan turis asing menggunakan moda transportasi umum sehingga otomatis tidak bisa menghindar dari kegiatan mengangkut koper ketika berpindah kereta dan stasiun. Tentunya kesehatan tubuh merupakan hal yang patut dijaga, selain juga semangat untuk berwisata ^_^ Apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk menghadapi musim panas di Jepang?

Cek kondisi cuaca terkini

Penting sekali untuk melakukan research kecil sebelum berangkat ke kota tujuan. Bahkan untuk memilih kota tujuan pun sangat disarankan untuk mengacu pada kondisi cuaca rata-rata di lokasi tersebut. Jepang terbagi menjadi beberapa wilayah: Hokkaido, Honshu (pulau utama), Shikoku, dan Kyushu. Hokkaido merupakan pulau paling utara Jepang dan Kyushu paling timur.

okinawa-summer-2008-266
Kecantikan pantai Okinawa | sumber gambar : okinawatravelguide.blogspot.com

Mungkin ada yang pernah mendengar kecantikan pantai-pantai di Okinawa? Terbayang dong rasanya berenang di laut, menikmati ombak, bersantai di pinggir pantai sambil menikmati semangka segar? Namun ada kabar buruk bagi kalian yang sensitif terhadap panas, sebaiknya jangan memilih Okinawa sebagai destinasi liburan di musim panas. Berdasarkan data yang ada, rata-rata temperatur pada bulan Agustus di pulau yang masih termasuk wilayah Kyushu ini berkisar antara 30°C~33°C, dan kondisi di bawah angka 30°C hanya terjadi setiap 10 hari sekali. Selain itu, temperatur tertinggi yang pernah tercatat mencapai angka 36°C dan 41°C!

Jika kita ingin menikmati musim panas dengan udara yang lebih sejuk, maka Hokkaido adalah pilihan yang tepat. Dengan rata-rata temperatur  22°C pada bulan Agustus dan temperatur tertinggi 26°C dijamin kalian tidak akan perlu sering-sering menggunakan kipas atau payung! Selain itu Hokkaido dikenal sebagai tempat mekarnya bunga-bunga yang cantik, mata kalian akan dimanjakan dengan hamparan padang bunga yang dinaungi awan putih nan indah. Baca artikel saya untuk panduan singkat liburan musim panas di Hokkaido ya ^_^

shikisainooka
Padang bunga Shikisai no Oka di Hokkaido | sumber gambar : japanphototrip.com

Bagaimana dengan kota Tokyo dan Osaka yang akan saya kunjungi? Berdasarkan data yang saya dapat dari holiday-weather.com di bulan Agustus, Jakarta dan Osaka memiliki temperatur rata-rata yang sama dengan 29°C, sedangkan Tokyo 26°C. Temperatur tertinggi Jakarta dan Osaka juga hanya berbeda 1 digit. Bagi kalian yang terbiasa dengan udara Jakarta, sepertinya tidak akan terlalu “kaget” dengan udara Osaka. Meskipun demikian, banyak faktor lain yang harus diperhatikan seperti kelembaban, curah hujan, dan lain-lain karena sekali lagi, musim panas di negara 4 musim dan keadaan panas di negara tropis bisa jauh berbeda.

4
Perbandingan rata-rata temperatur Jakarta, Osaka, dan Tokyo | sumber gambar : holiday-weather.com

Alasan saya memilih Tokyo dan Osaka? Simply because I have never explored both cities before! Sebelumnya saya hanya sempat transit di Tokyo untuk penerbangan ke Sapporo dan sama sekali belum pernah ke Osaka. Sempat tergoda untuk memilih Hokkaido sebagai destinasi lagi, tapi saya menginginkan pengalaman berbeda sekarang ^_^

Perlengkapan wajib

Salah satu keuntungan berlibur di musim panas adalah, kita tidak perlu repot-repot membawa pakaian tebal dan berat seperti jaket dan sepatu boots di musim dingin! Pastikan kalian membawa barang-barang di bawah ini untuk menangkal panas :

1. Tabir surya dan kaca mata hitam

cfl-sunblock-2-537x402
sumber gambar : katjuju.com

Pastikan kulit kita selalu terlindungi dari sengatan matahari dengan tabir surya yang mengandung SPF >30, memiliki perlindungan terhadap UVA dan UVB, dan tahan air. Jangan lupa untuk melakukan apply ulang setiap kali diperlukan.

Kaca mata hitam yang baik adalah yang mampu menahan sinar ultraviolet hingga 99%, polarized, dan memiliki lensa gradien. Baca selengkapnya disini. Jangan asal beli kaca mata hitam untuk bergaya saja ya, karena fungsinya lebih penting untuk melindungi kesehatan mata.

2. Kipas lipat

japan-summer-fans-600x410
sumber gambar : herpackinglist.com

Kita bisa membeli aneka macam kipas lipat atau kipas khas Jepang (uchiwa) di Jepang, tapi kebanyakan kipas yang dijual di toko souvenir memiliki harga fantastis, hingga ribuan yen untuk satu buah kipas. Jika ingin membeli kipas khas Jepang dengan harga terjangkau, bisa kita temukan di toko 100 yen yang tersebar seantero Jepang. Selain sebagai pereda gerah, kita juga bisa menjadikan kipas lipat sebagai oleh-oleh. Baca artikel ini untuk informasi lengkap mengenai kipas khas Jepang.

3. Payung

2810-13.jpg
sumber gambar : japon.com.ve

Payung tidak hanya berguna sebagai penangkal panas, tetapi juga sebagai perlindungan ketika hujan turun. Hujan? Ya, di Jepang curah hujan tetap tinggi meskipun sedang musim panas. Kita bisa membeli payung-payung plastik transparan yang banyak tersedia di minimarket Jepang.

4. Perlengkapan lain

japan-summer-electronics-600x448
sumber gambar : herpackinglist.com

Bawalah pakaian tipis dan berwarna terang untuk kenyamanan selama berjalan-jalan di Jepang. Jangan membawa barang bawaan yang terlalu banyak atau berat, pastikan membawa tas yang praktis untuk kemudahan bergerak. Tote bag atau ransel juga diperlukan untuk membawa barang belanjaan di satu tempat sekaligus. Satu hal penting lainnya, jika berencana berlibur ke Jepang ala backpacker, sebaiknya kemas barang bawaan dalam koper seringan mungkin karena pekerjaan mengangkut koper cukup melelahkan dan menguras energi ^_^;

Lengkap sudah daftar persiapan saya untuk liburan musim panas di Jepang! Tentunya yang paling penting adalah menjaga stamina dan kesehatan tubuh karena sayang kan kalau sampai tidak bisa berjalan-jalan karena kelelahan?

Nantikan catatan perjalanan saya di Tokyo dan Osaka. Sampai jumpa lagi ^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s